1. Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah
komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Contohnya
berpikir. Komunikasi ini merupakan landasan komunikasi antarpribadi dan
komunikasi dalam konteks-konteks lainnya, meskipun dalam disiplin komunikasi
tidak dibahas secara rinci dan tuntas.
2. Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah
komunikasi antara orang-orang secara tata muka, yang memungkinkan setiap
pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal
ataupun nonverbal. Bentuk khusus dari komunikasi antarribadi ini adalah
komunikasi diadik (dyadic communication)
yang melibatkan hanya dua orang, seperti suami-istri, dua sejawat, dua sahabat
dekat, guru-murid, dan sebagainya.
3. Komunikasi Kelompok
Kelompok adalah
sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama
lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang
mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Kelompok ini misalnya adalah
keluarga, tetangga, kawan-kawan terdekat. Dengan demikian, komunikasi kelompok
biasanya merujuk pada komunikasi yang dilakukan kelompok kecil tersebut (small-group communication).
4. Komunikasi Publik
Komunikasi publik (public communication) adalah komunikasi
antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak), yang tidak
bisa dikenali satu persatu. Komunikasi demikian sering disebut pidato, ceramah,
atau kuliah (umm). Komunikasi publik biasanya berlangsung lebih formal dan
lebih sulit dari pada komnikasi antarpribadi atau komunikasi kelomok, karena
komunikasi publik menuntut persiapan pesan yang cermat, keberanian dan
kemampuan menghadapi sejumlah besar orang.
5. Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi
dalam suatu organisasi, bersifat formal dan juga nonformal, dan berlangsung
dalam suatu jaringan yang lebih besar dari pada komunikasi kelomok. Komunikasi
organisasi sering kali melibatkan juga komunikasi diadik, komunikasi
antarpribadi dan ada kalanya juga komunikasi publik.
6. Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa,
baik cetak (surat kabar, majalah) atau elektronik (radio, televisi), yang
dikelola oleh suatu lembaga atau rang yang dilembagakan, yang ditujukan kepada
sejumlah besar orang yang tersebar di banyak tempat, anonim, dan heterogen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar